Manfaat Rajin Minum Air Putih


Orang sering kali lupa menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Rutinitas kerja yang tak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab Anda kurang minum air putih.

Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urine orang dewasa sekitar 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi air yang Anda minum itu akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Dalam tubuh setiap orang berisi cairan sekitar 60 persen. Sehingga manfaat air putih untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Misalnya, manfaat minum air putih akan membilas racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.

Berikut ini 10 manfaat banyak minum air putih sekaligus alasan mengapa tubuh kita membutuhkan air putih:

  1. Melumasi sendi
    Tulang rawan ditemukan di sendi dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.
  2. Membentuk ludah dan lendir
    Saliva membantu kita mencerna makanan kita dan menjaga mulut, hidung, dan mata lembap. Ini mencegah friksi dan kerusakan. Minum air putih juga membuat mulut tetap bersih.
  3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh
    Darah lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.
  4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit
    Dengan dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Manfaat minum air putih sebelum tidur juga sangat bagus, di antaranya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, tubuh melakukan proses pembaruan sel, tidur menjadi nyenyak, dan mendetoksifikasi dari berbagai racun dalam tubuh.
  5. Sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya
    Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Ini juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran.
  6. Mengatur suhu tubuh
    Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas. Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.
  7. Melancarkan sistem pencernaan
    Usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam. Ini meningkatkan risiko sakit maag.
  8. Membersihkan sisa-sisa tubuh
    Air dibutuhkan dalam proses berkeringat dan pembuangan air seni dan kotoran.
  9. Membantu menjaga tekanan darah
    Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih tebal, meningkatkan tekanan darah.
  10. Melancarkan saluran udara
    Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.
Total Page Visits: 204 - Today Page Visits: 2
Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *