13 Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Berenang Bintang Kupu Kupu Gloherbal

Manfaat berenang sebagai olahraga adalah sebagai sarana untuk membuat tubuh terasa bugar. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Melatih Pernafasan
    Salah satu olahraga yang dapat meningkatkan sistem pernafasan dan memperkuat nafas ialah berenang. Olah raga air layaknya berenang memerlukan pernafasan yang kuat supaya mampu menyelam dalam durasi yang lama. Sistem kerja pernafasan secara nantinya akan terlatih untuk menjadi lebih panjang ketika berenang. Gerakan pada berenang pun meliputi semua otot anggota gerak tubuh sehingga berenang secara tertata dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih sehat.
  2. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang
    Anda dapat mengamati atlet renang di penjuru dunia. Ada sekian banyak kelebihan untuk mereka yang menekuni olahraga ini, yakni kuatnya otot dan tulang. Kita tentu dapat melihat bagaimana otot mereka yang memiliki kegemaran berenang tampak lebih keras dan amat ideal.
  3. Meninggikan Badan
    Salah satu tips yang sangat penting dalam upaya Anda untuk meninggikan badan ialah dengan berenang. Di samping basket, berenang ialah salah satu jenis olahraga yang sangat efektif untuk merangsang tubuh Anda tumbuh lebih tinggi. Dengan mengikuti berbagai macam gaya renang, maka tubuh tinggi yang ideal akan didapatkan.
  4. Menyehatkan Jantung
    Berenang dapat Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan jantung dan mendapat kesehatan alami. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan, berenang dapat memperkuat sistem pernafasan tubuh anda.
  5. Membentuk Tubuh Ideal
    Ada kendala fitness dan tidak kunjung mendapatkan tubuh yang ideal? Cobalah untuk mulai rutin berenang. Berenang paling efektif dalam mengoptimalkan bentuk tubuh yang ideal khususnya bagian otot bisep. Berenang pun memungkinkan seluruh anggota tubuh bergerak dengan sempurna. Oleh karenanya, berenang bisa membuat bisep terbentuk lebih sempurna. Tentu otot di area tangan dan kaki pun akan terbentuk secara alami jika Anda rutin melatih badan untuk terus bergerak sesuai gerakan berenang.
  6. Meredakan Stress
    Banyak gerakan dalam air dan berenang ini dapat meningkatkan hormon endorfin yang akan memicu keadaan hati lebih tenang dan nyaman. Hal ini dapat menurunkan tingkat stress kita. Bersentuhan dengan air pun menciptakan tubuh lebih sejuk sehingga suasana hati dan pikiran akan terbawa ke suasana yang demikian.
  7. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
    Manfaat berenang sudah paling lazim dijadikan tujuan adalah untuk pembentukan postur tubuh yang estetis serta menjadikan tubuh bugar sepanjang hari. Olahraga renang memang menyehatkan dan mampu memberikan dampak positif terhadap kebugaran. Berenang juga dapat dikategorikan sebagai olahraga aeriobik, tepatnya aerobik air, yang bila dilaksanakan minimal sekitar 20 menit dengan irama yang sama pada kecepatan yang konstan, akan meningkatkan kebugaran, memicu metabolisme dan mengoptimalkan pembakaran lemak tubuh.
  8. Meredakan Radang Sendi
    Karena berenang melibatkan banyak area persendian, maka berenang juga dapat menurunkan kadar radang sendi yang mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.
  9. Menurunkan Berat Badan
    Berenang ialah olahraga yang sangat efektif untuk mengoptimalkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh. Dengan teratur berenang maka Anda dapat menurunkan berat badan dengan mudah. Setidaknya masyarakat dan pribadi yang memanfaatkan berenang guna menurunkan berat badan dalam tubuhnya dan ternyata hasilnya amat efektif.
  10. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes
    Berenang pun sangat efektif guna menghindarkan Anda dari terpapar diabetes. Selain itu, olahraga ini paling efektif guna menurunkan kadar kalori dan mengoptimalkan pembakaran kalori dan lemak serta gula dalam darah supaya anda terbebas dari komplikasi penyakit yang disebabkan diabetes.
  11. Alternatif Rekreasi & Menambah Mood
    Berenang adalah salah satu rekreasi yang paling menyenangkan, ia pun bukan sekedar untuk olahraga. Namun sejumlah orang memanfaatkannya guna rekreasi dan menghilangkan stress. Tak heran sebagian besar lokasi rekreasi memiliki kolom renang yang dapat Anda manfaatkan.
  12. Alternatif Terapi Saat Cidera
    Banyak atlet yang cidera diminta menjalankan terapi berenang guna mempercepat pengobatan cidera yang mereka alami. Tentu ajakan ini telah melalui permintaan dan pemantauan ahli terapi. Rehabilitasi dengan berenang dalam menyembuhkan cidera sudah tidak asing lagi bagi para atlet seperti sepakbola, badminton, dan olahraga lainnya.
  13. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
    Berenang akan melenturkan pergerakan kaki, tangan, kepala, dan semua anggota tubuh lainnya. Oleh karena itu tidak heran jika orang yang rajin berenang mempunyai tubuh yang lebih luwes dan mampu melakukan berbagai gerakan dibandingkan dengan orang yang jarang berenang.
Total Page Visits: 703 - Today Page Visits: 2
Tag: , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *