Penyebab dan Obat Batuk Kering Untuk Anak Dewasa dan Ibu Hamil

Penyebab dan Obat Batuk Kering Untuk Anak Dewasa dan Ibu Hamil Cap Bintang Kupu Kupu Gloherbal

Terdapat dua jenis batuk yang sering dialami banyak orang, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Untuk mengobati kedua jenis batuk ini diperlukan jenis obat batuk yang berbeda. Nah, mungkin di pasaran banyak ditemukan obat untuk batuk berdahak. Lalu, bagaimana dengan obat batuk kering dan gatal pada tenggorokan? Yuk, cari tahu penyebab batuk kering dan apa saja obat batuk kering apa yang bisa Anda gunakan.

Apa yang dimaksud dengan batuk kering?
Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan lendir atau dahak. Ada beberapa hal yang bis menyebabkan Anda mengalami batuk kering. Mulai dari alergi, asma, terkena asap, debu, bahkan dalam beberapa kasus tidak diketahui penyebab terjadinya batuk kering.

Batuk kering yang berlangsung lama dapat berdampak serius terhadap kehidupan dan aktivitas Anda sehari-hari. Parahnya lagi, batuk kering yang suka terjadi di malam hari bisa menyebabkan Anda kurang tidur dan penyebab badan jadi cepat lelah keesokan harinya.

Apa saja penyebab batuk kering dan tenggorokan terasa gatal?

Asma
Asma adalah kondisi di mana saluran masuknya udara di pernapasan Anda membengkak dan menyempit. Tak jarang, asma ini bisa berdampak pada munculnya kondisi batuk kering, meskipun orang yang mengidap asma tidak selalu mengalami batuk, ya. Gejala lain asma dapat meliputi:

– sesak napas
– sesak atau sakit di dada
– sulit tidur karena mengi atau batuk
– serangan batuk kering
– suara siulan sambil menghembuskan nafas

GERD asam lambung
Dilansir dari Medical News Today, orang yang tiba-tiba menjadi sering mengalami batuk kering dan tenggorokan terasa gata, dapat disebabkan oleh kadar asam lambung yang melonjak. Kondisi ini disebut juga sebagai batuk kronis, yaitu batuk kering yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih dan tak kunjung sembuh.

Menurut para peneliti dari University of North Carolina School of Medicine, sebanyak 25 persen kejadian batuk kronis disebabkan oleh GERD. Bahkan, sebanyak 75 persen di antaranya tidak mengalami gejala penyakit asam lambung sama sekali. Ini sebabnya, tidak banyak yang menyadari bahwa batuk yang tak kunjung sembuh tersebut ternyata diakibatkan oleh naiknya asam lambung.

Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti mengapa seseorang menjadi lebih sering batuk saat asam lambungnya naik. Meski demikian, hal ini diduga karena dua penyebab, yaitu bentuk refleks saat asam lambung naik ke kerongkongan dan kondisi refluks laringofaring (LPR).

Infeksi virus
Ketika Anda terinfeksi virus, biasanya Anda akan terserang pilek dan menyebabkan batuk berdahak. Normalnya hal ini berlangsung sementara, kurang lebih satu minggu. Namun, beberapa orang akan berubah batuknya, dari batuk berdahak menjadi batuk kering. Ini disebut batuk pasca dingin, yang mana gejala batuk kering ini berlangsung lama. Ini juga bisa menandakan adanya iritasi di saluran pernapasan Anda.

Penyebab lain dari batuk kering
Efek samping obat. Beberapa obat-obatan, terutama obat untuk tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan batuk kering
Kondisi psikologis. Saat batuk berlangsung lama dan menjadi kebiasaan, ini bisa disebut sebagai batuk psikogenik. Tidak gejala penyakit fisik yang bisa menjelaskan mengapa batuk ini terjadi. Seringkali pula orang itu bahkan tidak menyadari dia batuk. Ciri batuk jenis ini adalah ia hilang ketika seseorang tertidur.
Stress. Banyak orang jadi batuk-batuk ketika mereka berada dalam situasi yang menegangkan. Jika bernapasnya pendek dan tidak dalam karena sedang cemas, ia bisa mengalami kondisi batuk.

Penyebab batuk kering pada anak

Batuk kering pada anak biasanya akan memburuk ketika di malam hari atau sehabis beraktivitas fisik. Ini merupakan gejala utama asma pada anak-anak. Dilansir dari laman Parents, dr. Debbie Lonzer, seorang asisten dokter anak di Cleveland Clinic Children’s Hospital, mengatakan bahwa lendir di paru-paru menyebabkan sensasi menggelitik sehingga anak-anak dengan kondisi asma menjadi batuk.

Selain batuk, kondisi anak yang kurus, sering mengangkat dada ketika bernapas, atau mudah lelah bisa menjadi pertanda bahwa anak memiliki asma. Apalagi bila anak pernah mengalami kesulitan bernapas. Untuk memastikannya, periksa ke dokter.

Untuk anak, kebanyakan batuk kering dan gatal di tenggorokan yang terjadi sering disebabkan oleh virus dan akan menghilang perlahan dengan sendirinya. Jika anak Anda menderita batuk kering, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk merawatnya agar ia kembali sehat, aktif dan ceria kembali

Makan makanan berkuah hangat
Menurut David Becker, MD, asisten profesor klinis di Universitas California, San Francisco, Department of Pediatrics, makanan berkuah hangat sangat baik dikonsumsi sebagai obat batuk kering anak. Makanan dan kuah hangat ini membawa sifat antivirus, dan bisa membuat tubuh anak jadi lebih baik.

Beri air minum dan cairan yang cukup
Meskipun anak sedang batuk, jangan biarkan kadar cairan di tubuhnya berkurang. Tetap berikan asupan cairan yang cukup seperti air mineral, jus buah tanpa gula, susu murni hangat dan teh. Cairan yang diasup juga bertujuan untuk membantu anak terhindar dari dehidrasi dan rasa sakit di dada ketika mereka batuk.

Pilihan obat batuk kering yang aman untuk anak, orang dewasa, dan Ibu Hamil adalah obat batuk cair herbal apricot yang diproduksi oleh PT. Bintang Kupu Kupu. Buah apricot terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan salah satunya sebagai bahan obat batuk herbal.

Total Page Visits: 41 - Today Page Visits: 1
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *