Suhu Udara Indonesia Semakin Panas, Waspada Efeknya Terhadap Kulit

Panas Suhu Udara Indonesia Memanas Cap Bintang Kupu Kupu Gloherbal

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis suhu di Indonesia yang memanas beberapa hari belakangan ini. Suhu panas bahkan mencapai 37 derajat celcius. Cuaca panas tidak hanya bisa berdampak pada dehidrasi, namun juga memiliki efek buruk pada kulit.

Suhu panas jangan diabaikan. Saat keluar rumah pastikan menggunakan sunblock, menggunakan topi dan payung dan banyak minum air putih untuk terhindari dari dehidrasi. Selain dehidrasi, suhu udara panas juga bisa menimbulkan beragam masalah kulit. Apa saja?

1. Kulit Terbakar
Sunburn atau kulit terbakar menjadi dampak yang sering terjadi ketika kulit terpapar matahari terlalu lama. Kulit terbakar membuat kulit jadi kemerahan, terasa perih, dan terkelupas. Untuk menghindari kulit terbakar, solusinya dengan menggunakan sun block yang mengandung UVA dan UVB. Pakailah secara berulang dua atau tiga jam sekali untuk perlindungan kulit yang maksimal.

2. Jerawat
Mereka yang tinggal di iklim tropis memang lebih mudah berjerawat, terlebih jika suhu udara memanas. Seperti dikutip Medium, folikel rambut pada kulit meradang dan menjadi iritasi dan terjadilah infeksi. Saat cuaca panas menjadi lebih lembap. Dengan kelembapan yang berlebihan, maka pori-pori akan terbuka dan memungkinkan masuknya kotoran, debu dan minyak.

3. Kulit Dehidrasi
Tak hanya tubuh, kulit pun bisa dehidrasi akibat cuaca panas. Seperti dikutip dari In Today, hal tersebut karena tubuh jadi lebih mudah berkeringat sehingga menimbulkan dehidrasi di kulit. Dampaknya, kulit jadi kering dan mudah terjadi sunburn. Solusinya dengan banyak minum air putih dan gunakan moisturizer serta body lotion.

4. Flek Hitam
Matahari yang menyengat juga bisa timbulnya hiperpegmentasi yang menjadi flek hitam di wajah. Lagi-lagi, sunscreen bekerja untuk menghalau hadirnya hiperpigmentasi. Setidaknya pilih sunscreen yang memiliki SPF 30. Jika flek hitam sudah timbul di wajah kamu bisa melakukan perawatan menggunakan serum vitamin C atau skin care mengandung retinoid.

Total Page Visits: 31 - Today Page Visits: 2
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *