Bau Napas Bisa Juga Disebabkan Kondisi Ginjal Langka

Kondisi Ginjal Langka Penyebab Bau Mulut Cap Bintang Kupu Kupu Gloherbal

Seorang pria di Jepang memiliki napas dengan bau sangat tidak sedap, pasalnya dikarenakan adanya plak yang menumpuk di lidahnya. Selain bau, pria yang tidak disebutkan namanya itu juga mengeluh lidahnya sakit dan kesulitan makan selama dua bulan belakangan.

Dokter pun memeriksanya dan merasa ada kejanggalan dari tumpukan tebal plak di lidah pria tersebut. Dikutip dari DailyMail, ia pun menjalani tes darah dan ditemukan tingginya kadar urea nitrogen dalam darah, atau disebut uraemia.

CT scan juga menunjukkan kedua ginjal lebih kecil dari ukuran normal yang menunjukkan adanya gagal ginjal jangka panjang. Pria tersebut didiagnosis kondisi ginjal langka, uremic stomatitis.

Dr Hiroyuki Yano dan Dr Mitsuyo Kinjo Medicine, dari Rumah Sakit Okinawa Chubu, Uruma menjelaskan, tubuh membentuk urea nitrogen dan produk limbah kimia di hati, kemudian berjalan ke ginjal melalui aliran darah. Ginjal yang sehat akan menyaring urea dan mengeluarkan produk limbah lainnya dari darah, yang keluar dari tubuh melalui urine. Namun jika kadar urea nitrogen tinggi, itu menandakan bahwa ginjal bermasalah.

Salah satu gejalanya adalah plak di mulut, ini disebabkan air liur tidak dapat memecah kelebihan urea nitrogen, maka akan muncul amonia yang merupakan ‘bahan kimia iritasi’ di mulut. Ini lah yang membentuk lesi oral atau ‘plak’ yang terasa sakit dan berwarna putih, dan bau mulut yang tidak sedap bahkan kadang-kadang berbau seperti urin.

“Uraemic stomatitis adalah komplikasi langka gagal ginjal lanjut,” tulis para dokter dalam laporan di BMJ Case Reports.

Para dokter juga mencatat pria berusia 37 tahun itu merokok lima batang per hari selama 17 tahun. Merokok dapat menurunkan aliran darah ke organ-organ penting seperti ginjal, dan dapat memperburuk kondisinya.

Pria tersebut akhirnya menjalani pengobatan, salah satunya hemodialisis atau cuci darah. Ia perlu melakukannya tiga kali dalam seminggu.

Total Page Visits: 43 - Today Page Visits: 2
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *