Perlu Sarapan Dulu Sebelum Olahraga Atau Tidak?

Sarapan Sebelum Olahraga Cap Bintang Kupu Kupu Gloherbal

Makan atau tidak sebelum berolahraga pagi menjadi salah satu hal yang banyak diperdebatkan para ahli. Ada yang menyebut jika berolahraga tanpa sarapan terlebih dahulu bisa membuat semakin lelah, namun jika sarapan terlebih dahulu bisa menyebabkan kram perut.

Lalu mana yang benar? Menurut sebuah studi di Inggris, lebih sehat apabila kamu berolahraga dengan perut kosong. Meski banyak yang mengatakan bahwa makan dulu sebelum berolahraga bisa menambah gula darah dan memberikan energi untuk meningkatkan intensitas dan lamanya berolahraga, dan juga menghindarkanmu dari rasa lelah dan pusing.

Dilaporkan dari CNN, studi yang melibatkan 30 pria obesitas yang berolahraga sebelum sarapan membakar lemak dua kali lebih banyak ketimbang pria yang sarapan dulu sebelum mereka berolahraga pagi. Alasannya? Karena berolahraga tanpa energi akan ‘memaksa’ tubuh untuk mengubah karbohidrat yang tersimpan dan membakarnya.

Dan kelompok pria yang makan setelah berolahraga tidak menurunkan bobot lebih cepat daripada kelompok satunya selama enam minggu waktu studi tersebut. Melewatkan sarapan sebelum olahraga dapat membuat otot pria lebih responsif terhadap insulin yang mengendalikan gula darah, dan menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

“Kelompok yang berolahraga sebelum sarapan meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon insulin, yang menjadi bukti luar biasa apalagi kedua kelompok menurunkan bobot yang nyaris sama dan mendapatkan kebugaran yang hampir sama. Yang berbeda hanyalah waktu makan saja,” kata fisiolog olahraga Javier Gonzalez dari University of Bath.

Namun perlu dicatat, masih dibutuhkan studi yang lebih luas. Akan tetapi melihat dari keilmuan dalam studi tersebut, jelas dapat disimpulkan bahwa berolahraga sebelum sarapan lebih baik untuk kesehatan secara keseluruhan, meski memang tidak secara cepat mengurangi lingkar pinggangmu.

Jika kamu ingin melakukannya, tetap ingat beberapa tips ini untuk menjaga jaringan otot agar tak rusak:

  • gunakan pemulihan 4 R: rehydrate (hidrasi ulang), replenish (menambah glikogen dengan makan), repair (menambah protein untuk memperbaiki otot) and reinforce (pemulihan).
  • lebih baik menggunakan air minum biasa
  • selama 15 – 30 menit, makan makanan yang mengandung komposisi atau rasio 4:1 karbohidrat dengan protein berkualitas tinggi
  • beberapa pilihan terbaik adalah buah-buahan dan yogurt rendah lemak, atau pisang.
Total Page Visits: 32 - Today Page Visits: 1
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *