Fakta Menarik Tentang Nasi Putih


Gloherbal id –

Gloherbal-id Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang paling populer di seluruh dunia. Sayangnya banyak kesalahpahaman terkait konsumsi nasi, seperti membuat gemuk dan meningkatkan kadar gula darah.

Sehingga kebanyakan orang yang ingin memulai diet adalah memotong konsumsi nasi. Tinggi akan karbohidrat, nasi dianggap makanan terburuk untuk membantu proses diet. Namun benarkah hal tersebut?

Dikutip dari Times of India, dalam satu butir beras nasi terdiri dari tiga bagian: kulit, biji, dan endosperm. Kulit yang menyelubungi beras kaya akan serat, mineral, dan antioksidan. Sementara biji lebih kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Bagian endosperm adalah bagian terbesar dari butir beras dan keseluruhannya terdiri dari karbohidrat dan sedikit protein. Kini banyak orang yang beralih memilih nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Berikut adalah daftar nutrisi dari kedua nasi tersebut:

  1. Nasi merah

Nasi merah memang lebih bernutrisi ketimbang nasi putih dan kaya akan serat serta antiooksidan. Dalam satu butir nasi beras merah mengandung sekitar 130 kalori, 29 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0 gram lemak, serta beberapa vitamin seperti mangan, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan selenium.

  1. Nasi putih

Menjadi nasi terpopuler yang dikonsumsi hampir seluruh negara di Asia, nasi putih biasanya dikonsumsi lepas dari kulitnya untuk meningkatkan kualitas nasi. Namun justru banyak nutrisi yang terbuang sehingga menjadikannya hanya mengandung karbohidrat, maka dari itu nasi merah jadi pilihan yang lebih sehat daripada nasi putih. Dalam nasi putih terkandung 112 kalori, 24 gram karbohidrat, 2 gram serat, 1 gram lemak, dan beberapa nutrisi yang sama seperti nasi merah.

Membandingkan nutrisi yang dikandung keduanya, sudah jelas bahwa nasi merah lebih sehat daripada nasi putih. Serat, nutrisi, dan senyawa nabati dalam nasi merah bisa membuatmu kenyang lebih lama dan membuatmu mengonsumsi kalori lebih sedikit, dan banyak riset yang menyebutkan bahwa nasi merah memang bisa membantu menurunkan berat badan.
Beberapa studi menyebutkan bahwa pola diet yang banyak mengonsumsi biji-bijian seperti nasi putih bisa menyebabkan kegemukan dan obesitas.

Sementara studi lainnya menyebutkan tidak ada kaitan antara konsumsi nasi putih dan obesitas. Faktanya, nasi putih malah dikaitkan dengan penurunan berat badan, sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya bisa menjadi menu dietmu.

“Kegemukan sebenarnya bergantung pada porsi makanan yang kamu konsumsi. Semua makanan yang kita konsumsi kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh kita. Tapi jumlahnya itulah yang biasanya berdampak. Ada banyak bukti yang bisa menunjukkan bahwa nasi putih tidak membuat gemuk. Semuanya bergantung pada jumlah nasi yang kamu konsumsi dalam sehari,” tulis situs tersebut.

Total Page Visits: 67 - Today Page Visits: 1
Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *