Tahu Bunga Safron? Ini Dia Manfaatnya: Obati Gejala Depresi Hingga Cegah Kanker


Gloherbalid -Bunga safron akhir-akhir ini ramai dibicarakan di media sosial. Bunga safron atau kuma-kuma merupakan salah satu jenis rempah-rempah dari bunga Crocus sativus (“bunga pacar”). Safron memiliki rasa yang sedikit pahit dan baunya seperti rumput kering yang disebabkan zat kimia. Safron mengandung crocin, salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan. Safron yang berasal dari Yunani ini termasuk salah satu rempah-rempah yang paling banyak dicari orang di dunia. Meski harganya lumayan mahal, tetapi dalam pengobatan tradisional, safron banyak digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, demikian seperti diwartakan HealthLine. Berikut ini 11 manfaat bunga safron untuk kesehatan:

  1. Mencegah gangguan fungsi otak
    Kemampuan otak manusia dapat menurun seiring pertambahan usia. Untuk mencegah hal itu, Anda bisa rutin mengonsumsi bunga saffron.

Pasalnya, antioksidan dalam saffron dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuan kognitif orang dewasa. Hal ini sangat berkaitan dengan pencegahan penyakit Alzheimer yang banyak menyerang orang lanjut usia

  1. Bunga saffron baik untuk penderita diabetes
    Konsumsi bunga Saffron menjadi salah satu cara alternatif untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Selain itu, sensitivitas insulin juga akan meningkat sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Saffron terkenal memiliki banyak komponen antioksidan yang bermanfaat. Seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin memiliki sifat antidepresan, melindungi sel-sel otak dari kerusakan progresif, anti peradangan, dan pengontrol nafsu makan yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

  1. Bunga Saffron memiliki komponen anti-kanker
    Komponen antioksidan yang besar di dalam saffron dapat digunakan tubuh untuk mencegah dari radikal bebas dan sel asing dari luar yang membentuk kanker di dalam tubuh.
  2. Meningkatkan gairah seksual
    Ada begitu banyak bunga yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Salah satunya bunga saffron. Mengonsumsi 30 gram saffron setiap hari dipercaya dapat meningkatkan kemampuan seksual pria dan wanita.

Meskipun harganya yang lumayan mahal, namun manfaat bunga safron untuk tubuh sangat baik untuk pola hidup yang sehat.

Total Page Visits: 88 - Today Page Visits: 1
Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *