Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Anak Muda


Gloherbal – Apa itu kesehatan mental? Kesehatan mental merupakan suatu kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tenteram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.


Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang dapat mengarah pada perilaku buruk.apa yang sebenarnya menjadi penyebab utama gangguan mental di kalangan mahasiswa Indonesia pada saat ini? Sebenarnya penyebab nya bisa beragam,bisa karena terlalu stress dalam memikirkan tugas dan nilai, masalah antar pertemanan, dan juga bisa disebabkan masalah ekonomi. Banyak mahasiswa saat ini belum terlalu sadar tentang kesehatan mental itu sendiri.

Solusi yang Bisa Dilakukan

Sebenarnya dalam permasalahan ini, banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi nya. Baik itu dari pihak kampus maupun pemerintah jika tertarik ikut andil dalam permasalahan ini. Bahkan, mahasiswa sendiri pun bisa ikut serta. Menurut penulis,cara terbaik nya salah satunya adalah dengan mendirikan lembaga kesehatan mental disetiap kampus, yang dapat digunakan setiap mahasiswa untuk menceritakan keluh kesah nya dan mendapatkan solusi dari masalah-masalah yang mereka alami di lembaga tersebut. Namun solusi yang paling utama adalah kesadaran mahasiswa itu sendiri.

Namun kesehatan mental belum menjadi kebutuhan yang dianggap penting di Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia kerap memandang miring orang penderita gangguan mental yang hendak mengungkapkan permasalahannya. Alhasil, penderita kesehatan mental semakin tertekan dan kesadaran akan kesehatan mental menjadi terkesampingkan.

Maka dari itu perlu untuk mendorong edukasi masyarakat atas kesadaran kesehatan mental. Untuk lingkup mahasiswa, akan sangat baik bila mahasiswa membuat kelompok dukungan atau support grup yang menaungi mahasiswa dengan gangguan kesehatan mental. http://www.gloherbal.id

Total Page Visits: 78 - Today Page Visits: 3
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *