Pertolongan Pertama Saat Serangan Jantung


Gloherbal – Serangan jantung dalam era sekarang memang tidak bisa di prediksi akan datang dari seseorang dengan umur tertentu. Bahkan kasus serangan jantung akhir-akhir ini bisa terjadi pada orang yang berumur bahkan belum genap 40 tahun. Serangan jantung ini memang patut di waspadai.

Perbedaan datangnya pertolongan dalam hitungan detik dapat menentukan hidup matinya seseorang. Ini mengapa teknik pertolongan pertama serangan jantung sangat penting dikuasai, terutama bagi mereka yang sering berada dekat dengan penderita penyakit jantung.

Serangan jantung adalah kondisi darurat media di mana terjadi pemutusan atau penghentian aliran darah yang membawa oksigen ke jantung. Kondisi ini dapat merusak otot jantung karena tidak mendapat suplai oksigen, dan bisa menyebabkan kematian.


Cara Memberikan Pertolongan
Penting untuk mengetahui pertolongan pertama serangan jantung. Jika seseorang tiba-tiba mengalami serangan jantung, hal pertama yang perlu dilakukan adalah:

Pasien harus duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang. Ia dapat duduk di kursi, di lantai, atau bersandar pada dinding. Duduk di lantai membuat mereka lebih tidak berisiko mengalami cedera jika pingsan.

  1. Longgarkan semua pakaian.
  2. Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.
  3. Panggil bantuan terdekat jika Anda merasa panik.
  4. Tetapi jangan sekali-sekali meninggalkan pasien sendirian.
  5. Berikan persuasi positif sambil menunggu ambulans datang.

Untuk mencegah terjadinya serangan jantung, orang dengan penyakit jantung harus berhenti merokok maupun mengonsumsi minuman beralkohol, serta menjaga tekanan darah, gula darah, dan kolesterolnya tetap normal. Penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, serta menjaga agar berat badan tetap normal. Lakukanlah gaya hidup sehat agar tubuh selalu bugar dan fit dalam menjalankan aktifitas. http://www.gloherbal.id

Total Page Visits: 126 - Today Page Visits: 1
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *