Pencegahan Virus Corona Dengan Hand Sanitizer?


Indonesia dinyatakan terinfeksi virus corona pada awal Maret 2020. Saat itu, dua WNI dilaporkan positif virus corona setelah kontak dengan warga negara Jepang. Setelah kejadian WNI positif corona, sejumlah tindakan pencegahan corona pun digalakkan, seperti penggunaan masker, anjuran mencuci tangan dan gerakan hidup sehat.

Akibatnya produk masker dan pembersih tangan (hand sanitizer) pun menjadi buruan masyarakat demi pencegahan virus corona.

Namun apakah benar hand sanitizer dapat membunuh kuman ditangan kita dan mencegah virus corona?

Penularan virus corona dilaporkan dapat terjadi melalui tetesan liur dari penderita ke sejumlah benda. Benda yang kerap disentuh oleh masyarakat yakni pegangan tangga, daun pintu, tombol lift, dan lainnya.

Guna mencegah penularan virus corona dari penderita ke tubuh kita, maka penggunaan hand sanitizer menjadi salah satu pilihan untuk membuat tangan kita bersih dari kuman.

Namun, sebenarnya penggunaan hand sanitizer itu dianjurkan hanya dalam kondisi ketika tidak ada air dan sabun dan permukaan tangan terlihat kotor. 

Alkohol pada hand sanitizer bisa menghilangkan bakteri alami yang melapisi kulit dan menangkis patogen.

Menurut United States Centres for Disease Control and Prevention, hand sanitizer dengan alkohol 60-90 persen membersihkan lebih baik daripada yang tidak memiliki kandungan alkohol.

Zat ini juga bisa menghilangkan minyak dan air alami dari kulit. Akibatnya, bisa menyebabkan kulit sangat kering dan rusak. Akhirnya, kulit menjadi sarang bakteri penyakit dan meningkatkan risiko virus memasuki tubuh melalui luka di kulit.

Mencuci tangan dengan baik adalah metode yang paling benar untuk mencegah berbagai virus masuk ke tubuh kita. //www.gloherbal.id

Total Page Visits: 379 - Today Page Visits: 1
Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *