Haid Tidak Teratur? Ini Cara Mengatasinya!


Haid atau datang bulan adalah keadaan yang pasti dirasakan oleh semua wanita, dimulai dari rentang usia 12-50 tahun. Hal tersebut merupakan keadaan rutin dalam proses perkembangan wanita. Namun bagaimana jika haid tidak teratur?

Pendarahan pada vagina berlangsung sekitar 2-7 hari, namun ada juga yang lebih dan umumnya terjadi selama sebulan sekali.

Siklus haid yang normal umumnya adalah 28-35 hari, namun tidak semua wanita mengalami siklus haid normal. Ada yang mengalami haid tidak lancar. Kadang tidak rutin sekali dalam sebulan, bisa saja sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Haid yang datang terlambat atau tidak teratur ini tidak selalu mengindikasi bahwa perempuan tersebut hamil.

Bermacam-macam penyebab atau alasan bisa terjadi sehingga perempuan memiliki haid yang tidak teratur, seperti stress, mengonsumsi obat-obatan seperti obat KB, melakukan aktivitas berat dan sulit tidur. Faktor lainnya adalah iritasi usus, TBC, penyakit hati dan diabetes. Kadang-kadang ibu menyusui juga mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Berikut ini cara untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur dengan cara herbal. Namun jika keluhan ini masih berlanjut, segeralah melakukan konsultasi medis.

1. Kunyit

Selain sebagai bumbu dapur, kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Hal ini berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Minumlah jamu dengan racikan kunyit secara rutin untuk memperlancar haid.

2. Jahe

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah vitamin A, B2, B2, c, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Jahe juga bermanfaat sebagai cara melancarkan haid secara alami. Rajinlah meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari untuk memperlancar haid Anda.

3. Konsumsi Wou Kim Pills

Wou Kim Pills adalah obat herbal Cap Kupu yang membantu mengeluarkan darah kotor bagi wanita yang baru melahirkan & melancarkan haid yang terlambat. Selain itu, Wou Kim Pills juga membantu meredakan sakit & pegal linu selama haid.

Nah, itu dia beberapa tips mengatasi haid tidak lancar yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat. //www.gloherbal.id

Total Page Visits: 355 - Today Page Visits: 4
Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *