Tips Puasa di Tengah Pandemi Corona


Gloherbal – Tidak terasa, bulan Ramadhan telah datang. Namun, puasa kali ini mungkin akan terasa berbeda karena puasa di tengah pandemi Corona di Indonesia masih terjadi. Sehingga beberapa ritual yang lekat dengan bulan Ramadhan, terpaksa tidak dilakukan. Seperti sholat tarawih berjamaah di masjid dan kegiatan buka puasa bersama.

Menurut Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, ibadah puasa di tengah penyebaran covid-19 tetap berjalan sebagaimana mestinya. Tetapi ada catatan penting yang harus diperhatikan oleh masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus.

Terutama bagi masyarakat yang berada di zona merah atau daerah dengan tingkat penyebaran virus yang tinggi. Beliau menganjurkan agar umat Islam yang berada di zona merah dapat melaksanakan ibadah pada tempat yang bebas dari kerumunan fisik.

Masyarakat juga dianjurkan menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Seperti rajin mencuci tangan untuk meminimalisir masuknya virus covid-19 ke dalam tubuh.

Menjalankan Puasa di Tengah Corona

Walaupun ibadah puasa tahun ini dapat dilakukan seperti biasa. Namun, puasa di tengah pandemi Corona ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama menjalankan puasa. Berikut beberapa anjuran bagi umat Muslim agar tetap sehat berpuasa di tengah pandemi corona.

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Selama menjalani puasa, Kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi baik itu untuk menu sahur atau berbuka. Hindari mengonsumsi makanan siap saji atau kemasan. Pilih juga makanan yang segar sebagai menu buka puasa.

Penting sekali memperhatikan jumlah kalori makanan untuk memenuhi kebutuhan kalori harian. Rata-rata orang dewasa memiliki kebutuhan kalori harian sebesar 2000 kkal. Anda bisa siasati dengan membagi kebutuhan kalori tersebut menjadi 750 kalori pada menu sahur, dan 1250 kalori untuk menu berbuka.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Cairan membantu organ tubuh dapat bekerja secara normal. Maka dari itu terdapat anjuran bagi orang dewasa untuk minum 8 gelas air putih dalam sehari. Siasati kebutuhan tersebut dengan membagi untuk sahur, berbuka, dan makan malam.

Minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas untuk makan malam, dan 2 gelas sebelum tidur. Bahkan Kamu juga bisa mengganti cairan air putih dengan susu 1 gelas.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Puasa bukan berarti Kamu tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali. Justu Kamu perlu melakukan aktivitas fisik dalam batas-batas tertentu. Sebab aktivitas fisik akan membuat tubuh senantiasa bugar walaupun menjalankan ibadah puasa.

Selain itu kegiatan fisik juga merupakan cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus corona. Lakukanlah aktivitas fisik di dalam rumah dengan memanfaatkan ruang kosong dan video tutorial online.

4. Hindari Rokok

Mungkin yang satu ini harus dihindari tidak hanya pada saat berpuasa ya. Sebab merokok dapat menurunkan kapasitas paru-paru Kamu. Dengan demikian, tubuh menjadi rentan bahkan memiliki risiko terjangkit virus corona dan malah membuat Kamu tidak dapat menjalankan ibadah puasa.

5. Jangan Sampai Sakit!

Tips terakhir, sebisa mungkin Kamu jangan sampai jatuh sakit pada saat berpuasa. Sebab jika sakit, otomatis daya tahan tubuh akan menurun. Sehingga bakteri, kuman, dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh, tidak terkecuali covid-19.

Sebagai contoh jika Kamu mengalami sakit kepala, mual, batuk, pilek dan masuk angin, Kamu dapat segera mengonsumsi So Hop Pills dan Po Loong Pills. Dengan bahan herbal alami yang terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala masuk angin. Kamu bisa mendapatkan So Hop Pills dan Po Loong Pills dengan mudah disini.

Total Page Visits: 129 - Today Page Visits: 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *