Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan


Banyaknya aktivitas terkadang membuat Anda lupa menjaga kesehatan pencernaan, sehingga perut Anda terasa sakit, kembung, mulas, bahkan mengalami sembelit. Walaupun kerap kali mengalami, tidak sedikit orang-orang yang menganggap hal-hal tersebut sepele lho! Duh, buat Anda yang berpikiran seperti itu, jangan lagi deh ya.

Kenapa jangan menyepelekan sakit perut? Karena semua penyakit tersebut merupakan pertanda bahwa saluran pencernaan Anda terganggu. Padahal, saluran cerna memiliki peran penting dalam memecah makanan sehingga Anda bisa mendapatkan nutrisi dan vitamin, dan sisa limbahnya dibuang.

Selain itu sistem pencernaan juga memastikan keberlangsungan fungsi tubuh melalui penyebaran nutrisi. Sehingga jika sering timbul masalah kesehatan pada pencernaan tidak hanya aktivitas Anda saja yang terganggu, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan.

Sebenarnya, menjaga kesehatan pencernaan juga tidak serumit menjaga kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan cara-caranya relatif lebih mudah karena yang utama adalah menerapkan pola makan teratur.

Pola makan yang teratur perlu dilakukan setiap hari agar kerja asam lambung tidak terganggu dalam mencerna makanan. Jika kekosongan makanan, kadar asam lambung akan terus bertambah dan berpotensi melukai lambung. Nah, maka dari itu, Anda perlu menerapkan hal-hal berikut ini untuk menjaga kesehatan pencernaan.

1. Perbanyak Serat

Bukan suatu rahasia lagi kalau serat memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Namun sayangnya, kesadaran akan pemenuhan serat pada masyarakat Indonesia masih cukup rendah. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, 93.5% penduduk Indonesia di atas 10 tahun kurang makan sayur dan buah. Padahal kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko kanker usus besar.

Ada dua jenis serat yang diperlukan oleh tubuh, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut didapatkan melalui kacang-kacangan, tanaman hijau, dan buah-buahan. Sedangkan serat tidak larut terdapat pada gandum, beras merah, beras hitam, dan kulit buah. Pemenuhan kedua jenis serat ini penting bagi kesehatan pencernaan Anda.

2. Memenuhi Cairan Tubuh

Air mineral juga memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan. Sebab air dapat melarutkan nutrisi agar mudah terserap oleh tubuh. Kekurangan asupan cairan adalah penyebab umum sembelit. Maka dari itu, para ahli merekomendasikan untuk meminum air sebanyak 1,5-2 liter per hari. Jumlah ini bisa bertambah jika Anda tinggal pada daerah dengan iklim tropis atau melakukan olahraga.

Memenuhi cairan juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, seperti timun, zukini, seledri, tomat, jeruk, dan persik.

3. Kunyah Makanan Dengan Baik

Gigi juga memiliki tugas untuk menjaga kesehatan dengan memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil. Sehingga enzim di saluran pencernaan mampu membuat makanan menjadi pecahan yang lebih kecil lagi. Untuk itu, Anda dianjurkan mengunyah makanan tidak terlalu cepat. Semakin lama Anda mengunyah, maka air liur yang terproduksi akan semakin banyak. Air liur inilah yang membantu memecah beberapa karbohidrat dan lemak dalam makanan, serta memperlancar makanan untuk masuk ke usus

4. Mengonsumsi Tay Pin San

Obat sakit perut Tay Pin San juga dapat membantu Anda untuk meredakan masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, muntah dan diare. Dengan kandungan herbal alami yang mudah diserap oleh tubuh dan menghilangkan sakit perut sangat cepat.

5. Mengelola Stress & Menghindari Kebiasaan Buruk

Mengalami stres juga memberi pengaruh terhadap kesehatan pencernaan, sehingga muncul masalah tukak lambung, diare, sembelit, hingga sindrom iritasi usus besar. Untuk itu Anda perlu mengelola stres ya! Selain itu, merokok, banyak minum alkohol, makan tengah malam, dan kebiasaan buruk lainnya juga dapat merusak pencernaan Anda.

Berdasarkan penelitian, alkohol dapat meningkatkan produksi asam di perut yang dapat menyebabkan heartburn dan refluks asam lambung. Begitu juga dengan makan tengah malam yang menyebabkan heartburn dan dispepsia.

Yuk, lakukan kelima cara di atas agar pencernaan Anda senantiasa sehat. Usahakan juga selalu menjaga kadar asam lambung dengan mengurangi kopi, makanan asam dan pedas. Ingat juga untuk rajin berolahraga dan mengonsumsi Tay Pin San saat alami sakit perut. Anda dapat dengan mudah mendapatkan Tay Pin San disini!

Salam sehat,

Bintang Kupu-Kupu

Total Page Visits: 2885 - Today Page Visits: 5
Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *